10 Pendaki Difabel Siap Menembus Batas, Taklukkan Gunung ... - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

10 Pendaki Difabel Siap Menembus Batas, Taklukkan Gunung ...

10 Pendaki Difabel Siap Menembus Batas, Taklukkan Gunung ...

MAKASSAR â€" Rombongan Pendakian Bersama Difabel Menembus Batas Part II, resmi dilepas oleh Kepala Dinas Sosial Makassar Mukhtar Tahir, di rumah jabatan (Rujab) Wal…

10 Pendaki Difabel Siap Menembus Batas, Taklukkan Gunung ...

MAKASSAR â€" Rombongan Pendakian Bersama Difabel Menembus Batas Part II, resmi dilepas oleh Kepala Dinas Sosial Makassar Mukhtar Tahir, di rumah jabatan (Rujab) Walikota Makassar, Jalan Penghibur, Jumat, 1 Desember 2017.

Rombongan akan melakukan pendakian di gunung Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan dengan diikuti oleh 10 orang penyandang disabilitas yang terdiri tiga netra, enam daksa kinetik dan satu grahita.

Gunung Sesean memiliki tinggi puncak sekitar 2100 meter dari permukaan laut (Mdpl). Gunung ini menjadi salah satu primadona bagi penggiat outdoor dan wisatawan.

Dalam sambutannya di depan rombongan pendakian bersama ini, Mukhtar mengungkapkan apresiasi yang sebesar-besarnya atas terlaksananya kegiatan yang merupakan kedua kalinya ini. Menurutnya, kegiatan yang sangat bermanfaat ini adalah wadah dalam mengembangkan minat dan bakat atlet penyandang disabilitas.

“Tahun lalu sukses mendaki di gunung Latimojong (Enrekang, Sulawesi Selatan). Saya mewakili Walikota Makassar (Moh Ramdhan Danny Pomanto) melepas resmi rombongan ini. Semoga semuanya tiba di rumah masing-masing dalam keadaan sehat,” ungkap Mukhtar.

Mukhtar berharap, kegiatan yang berlangsung ini bisa bermanfaat bukan hanya bagi para atlet untuk membuktikan diri, namun ini bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Sementara ketua panitia kegiatan ekspedisi, Nur Hidayat menjelaskan, kembali dipilihnya gunung sebagai lokasi ekspedisi karena gunung merupakan simbol kekuatan.

“Dibutuhkan beberapa kemampuan diantaranya mental yang kuat, kesigapan, pengetahuan dan taktik manajerial. Ketika kami mampu berada di gunung berarti kami juga mampu berada kelompok-kelompok masyarakat untuk beraktifitas, artinya kami juga mamp u berada di dalam kondisi apapun,” tegas Yayat.

Pendakian Bersama Difabel Menembus Batas dalam rangka memperingati hari penyandang disabilitas Internasional 2017 yang jatuh tiap tanggal 3 Desember. Pendakian didukung oleh penggiat alam bebas dari berbagai organisasi dan komunitas, dari Makassar, Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara yang berjumlah sekitar 70 orang.

Sekedar diketahui rombongan pendaki tim pendukung difabel yang berangkat dari Makassar ini akan bertemu lagi dengan rombongan lainnya yang berada di Enrekang. Kemudian pada Sabtu baru akan menuju kaki gunung Sesean dan langsung melakukan pendakian.

Pada peringatan hari disabilitas internasional 2016, pendakian difabel yang diinisiasi oleh Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (Perdik) sukses mengapai puncak gunung Latimojong, Enrekang dengan diikuti tiga atlet difabel.

Sumber: Google News | Warta 24 Toraja Utara

Tidak ada komentar