BBPOM Manado Gelar Pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar ... - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

BBPOM Manado Gelar Pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar ...

BBPOM Manado Gelar Pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar ...

BBPOM Manado Gelar Pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman BBPOM gelar pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman di kawasan Mega Mas, Sabtu (2/12/2017).…

BBPOM Manado Gelar Pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar ...

BBPOM Manado Gelar Pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman

BBPOM gelar pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman di kawasan Mega Mas, Sabtu (2/12/2017).

BBPOM Manado Gelar Pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan AmanTRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADABBPOM gelar pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman di kawasan Mega Mas, Sabtu (2/12/2017).

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada
TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dra Rustyawati Apt MKes, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Kota Manado mengatakan, pihaknya tetap rutin menggelar razia untuk mencegah beredarnya barang-barang yang sudah kedaluarsa di masyarakat.
‘’Untuk razia pasti rutin dilaksanakan oleh BBPOM, sebab berguna untuk mencegah beredarnya barang-barang yang sudah kedaluarsa yang dapat membahayakan masyarakat saat dikonsumsi,’’ kata Rustyawati usai pencanangan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman di kawasan Mega Mas, Sabtu (2/12/2017).
Menjelang perayaan Natal 25 Desember 2017 dan Tahun baru 1 Januari 2018, razia akan lebih ditingkatkan oleh BBPOM.

‘’Jika ditemukan ada barang yang sudah kedaluarsa, maka barang tersebut bisa saja ditarik dari peredaran. Makanya, masyarakat harus jeli memilih barang-barang yang berkualitas untuk digunakan,’’ ungkapnya.
Misalnya, saat berbelanja sebisa mungkin masyarakat kata Rustyawati harus mengecek waktu kedaluarsa barang, dengan melihat secara teliti kemasanya.

‘’Izin edarnya tertera disana, begitu juga waktu kedaluarsanya. Jika masyarakat menemukan barang-barang yang sudah tak layak, secepatnya dilaporkan untuk segera ditindaklanjuti sesuai mekanisme dan aturan ya ng berlaku,’’ ungkapnya.
Tak hanya itu, masyarakat diminta Rustyawati juga untuk lebih teliti membeli barang atau bahan kebutuhan pokok. Sebab, meski belum melewati tanggal kedaluarsa, namun ada yang sudah rusak.

‘’Bahan pangan bisa juga sudah rusak, meski belum lewat waktu kedaluarsa. Jadi, harus diperiksa sebelum dibeli agar lebih aman saat dikonsumsi. Artinya, bahan pangan harus bebas dari bahaya kimia, biologi, dan fisik,’’ katanya.
Bahan kimia yang harus bebas dalam makanan, yakni boraks dan formalin, maupun rodamin B.

‘’Boraks dan formalin adalah bahan pengawet, tak boleh ada dalam makanan, sebab sangat berbahaya jika dikonsumsi. Dari sisi biologi, bahan makanan juga harus higienis dan bebas kuman. Serta dari sisi bahaya fisik, makanan harus terbebas dari rambut artinya, produksinya harus benar, tak boleh saat dikemas menggunakan hekter, gunakan tusuk gigi lebih bagus,’’ tegasnya.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Manado Philip So ndakh berharap, barang atau bahan pangan yang digunakan oleh seluruh masyarkat tetap aman, agar bisa hidup sehat dan lebih sejahtera.

Editor: Aldi_Ponge Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Jangan Ngeres Dulu! Kenyataannya 10 Foto Ini tak Seporno yang Kamu Bayangkan, Amati Baik baik! Sumber: Google News | Warta 24 Manado

Tidak ada komentar