Danau Toba Jadi Ikon Wisata Baru - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Danau Toba Jadi Ikon Wisata Baru

Danau Toba Jadi Ikon Wisata Baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keindahan alam yang tersebar di Indonesia memang memiliki potensi untuk dapat menjaring sebanyak mungkin wisatawan mancanegara datang ke Tanah Air. Bali yang selama ini …

Danau Toba Jadi Ikon Wisata Baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keindahan alam yang tersebar di Indonesia memang memiliki potensi untuk dapat menjaring sebanyak mungkin wisatawan mancanegara datang ke Tanah Air. Bali yang selama ini sudah menjadi ikon tujuan wisatawan lokal dan mancanegara dari berbagai negara serta memiliki infrastruktur sangat memadai, sudah tak perlu diragukan lagi keindahannya.
Tak cukup mempromosikan kunjungan wisatawan ke Bali saja, pemerintah kini juga sedang menggencarkan promosi pariwisata ke Danau Toba di Sumatra Utara.
Oleh Presiden Joko Widodo, Danau Toba dijadikan salah satu dari 10 tujuan utama yang sedang dikembangkan potensi wisatanya dan untuk itu perlu disediakan infrastruktur bandara yang memadai dan berkelas internasional.
Ke-10 tujuan wisata itu adalah Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Pulau Morotai (Maluku Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Danau Toba (Sumatera Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara) , Gunung Bromo (Jawa Timur), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Pantai Tanjung Lesung (Banten), dan Kepulauan Seribu (DKI Jakarta).
Pembangunan infrastruktur untuk memudahkan wisatawan datang ke Danau terbesar di Indonesia, dan konon juga di dunia itu, terus dilakukan antara lain dengan pembangunan jalan tol serta bandar udara menuju lokasi itu.
Salah satu infrastruktur yang dibangun pemerintah untuk mendukung kunjungan ke Danau Toba adalah Terminal Bandar Udara Internasional Silangit di Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 24 November 2017.
Bagi kalangan pengusaha wisata, bandar udara tersebut dinilai strategis dan penting dalam upaya mendorong wisatawan lokal dan mancanegara datang ke Danau Toba, yang saat ini memang sedang gencar-gencarnya dipromosikan pemerintah sebagai tujuan wisata dunia.
Kawasan hunian untuk wisatawan yang bera da di tepi Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatra Utara. (ANTARA/Anis Efizudin)

Padahal sebelum menjadi bandar udara internasional, Bandara Silangit hanyalah sebuah bandar udara perintis yang memiliki fasilitas minim dan landasan pacu yang pendek, yakni 1.800 meter, sehingga hanya bisa didarati pesawat berbadan kecil dengan frekuensi yang sedikit pula.
Namun kini Bandara Silangit sudah mengalami banyak perubahan, baik dari sisi bangunan, landasan pacu, hingga fasilitas serba canggih yang memudahkan penumpang untuk mendapatkan informasi dan kemudahan lain.
PT Angkasa Pura II pun telah menyiapkan Bandara Internasional Silangit di Provinsi Sumatera Utara sebagai salah satu perintis/ pionir penerapan konsep bandara pintar guna menunjang sektor pariwisata Danau Toba.
Berbagai fasilitas digital tersebut sudah dapat digunakan sejak 28 Oktober 2017 atau bersamaan dengan penerbangan rute Singapura-Silangit, yang merupakan rute luar negeri perdana di Bandara Internasional Silangit.
Fasilitas-fasilitas tersebut adalah jadwal bus bandara di mana para pengguna jasa bandara dapat mengetahui perkiraan/estimasi waktu melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi ke tempat tujuan masing-masing.
Bandara ini, selain Bandara Internasional Kuala Namu, Medan, menjadi gerbang bagi wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung dan melestarikan budaya adat Batak dan Danau Toba, membangun kampung halaman dan gerbang menuju kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat setempat.
Dikunjungi sejuta wisatawan
Pemerintah akan memperbanyak frekuensi penerbangan ke Bandara Internasional Silangit, Sumatra Utara, untuk mengembangkan potensi wisata di kawasan itu terutama Danau Toba yang sudah terkenal. Sejumlah maskapai yang sudah melayani penerbangan di Silangit adalah Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air dan Batik Air.
Untuk itu, bangunan terminal dan landasan pacu sudah dan akan terus dikembangkan sehingga nanti bisa lebih banyak menampung penumpang. Tentunya kalau frekuensi penerbangan bertambah makin banyak wisatawan datang ke Toba seperti halnya ke Bali.
Makin ramainya Bandara Silangit didarati dan menerbangkan pesawat sangat penting dan strategis mengingat pemerintah telah mencanangkan Danau Toba sebagai salah satu tujuan wisata prioritas dengan target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatra Utara diproyeksikan mencapai sejuta orang pada tahun 2019.
Untuk mencapai angka kunjungan sejuta wisman, dibutuhkan tujuan wisata kelas dunia dan bandara berkelas internasional.
Dengan penerbangan internasional langsung menuju Danau Toba, yang saat ini sudah dilayani Garuda Indonesia dari dan ke Singapura, maka objek wisata ini akan menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di dunia, dan membawa kesejahteraan untuk masyarakat di Sumatera Utara, khususnya di sekitar Danau Toba.
Jika dilihat dari jarak dari Bandara Kualanamu, Medan, menuju Danau Toba di Parapat, dibanding dengan dari Bandara Silangit menuju Danau Toba di Parapat, maka jarak tempuh lebih cepat dari Bandara Silangit sekitar 2,5 jam.
Oleh sebab itu, keberadaan Bandara Silangit yang kini memiliki banyak jadwal penerbangan bisa memudahkan wisataan lebih banyak lagi datang ke Danau Toba. Bahkan Pemerintah sebelum 2020 akan memperpanjang landasan pacu Bandara Silangit menjadi 3.000 meter, agar bisa menampung pesawat berbadan lebih lebar lagi.

Sumber: Google News | Warta 24 Pulau Morotai

Tidak ada komentar