Harga ikan cakalang di Ternate melonjak - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Harga ikan cakalang di Ternate melonjak

Harga ikan cakalang di Ternate melonjak

Ternate (ANTARA News) - Harga ikan cakalang dan tuna di Ternate, MalukU Utara, akhir pekan ini melonjak karena terbatasnya pemasokan dari para nelayan sebagai dampak dari cuaca buruk yang me…

Harga ikan cakalang di Ternate melonjak

Ternate (ANTARA News) - Harga ikan cakalang dan tuna di Ternate, MalukU Utara, akhir pekan ini melonjak karena terbatasnya pemasokan dari para nelayan sebagai dampak dari cuaca buruk yang melanda perairan provinsi setempat.
Pantauan Antara di Pasar Higienis Ternate, Jumat, tercatat harga ikan cakalang dan tuna ukuran besar yang biasanya Rp200.000/ekor, kini naik menjadi Rp300.000/ekor, bahkan ada yang sampai Rp350.000/ekor.
Sedangkan untuk ukan cakalang dan tuna ukuran sedang yang biasanya bervariasi Rp75.000 - Rp100.000/ ekor, kini melonjak menjadi Rp200.000/ekor, bahkan ada yang sampai Rp250.000/ekor.
Salah seorang pedagang ikan di pasar Higinies Ternate, Ratni, mengemukakan, ikan cakalang dan tuna yang biasanya dipasok dari kabupaten Halmahera Selatan dalam pekan ini tidak ada yang masuk, karena cuaca buruk.
Para pedagang ikan di Ternate saat ini stoknya semakin menipis dan kalau tidak ada pemasokan , maka pada pekan depan stok mereka akan habis.
Ratni juga mengungkapkan bahwa pemasokan ikan ukuran kecil juga terbatas. Akibatnya harganya juga melonjak, bahkan beberapa jenis ikan ukuran kecil seperti ikan tude dan komo kini stoknya kosong.
Mahalnya harga ikan itu mendorong masyarakat setempat beralih membeli telur yang justru harganya menurun sebagai sumber protein.
Telur ukuran besar misalnya sebelumnya Rp1.800/butir kini Rp1.600/butir dan telur ukuran kecil dari Rp1.700/butir menjadi Rp1.500/butir.
Sedangkan, harga daging ayam potong beku tetap bertahan. Ayam potong beku Rp30.000/Kg dan berat 1,3 Kg dijual Rp40.000.
Harga daging sapi segar juga tetap bertahan yakni Rp110.000/ Kg. Harga daging sapi segar diperkirakan akan naik menjelang Natal dan Tahun Baru.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: Google News | Warta 24 Ternate

Tidak ada komentar