Ini Kata Akademisi tentang Pariwisata Kabupaten Malang - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Ini Kata Akademisi tentang Pariwisata Kabupaten Malang

Ini Kata Akademisi tentang Pariwisata Kabupaten Malang

Home / Peristiwa / Ini Kata Akademisi tentang Pariwisata Kabupaten Malang …

Ini Kata Akademisi tentang Pariwisata Kabupaten Malang

Home / Peristiwa / Ini Kata Akademisi tentang Pariwisata Kabupaten Malang Ini Kata Akademisi tentang Pariwisata Kabupaten Malang Kaya dan beragamnya pariwisata di Kabupaten Malang di satu sisi adalah potensi besar. Sisi lainnya adalah tantangan berat dalam mewujudkan berbagai aspek sarpras pendukung pariwisata. Wisata hutan pinus Semeru ini salah satu kekayaan wisata Kabupaten Mala Kaya dan beragamnya pariwisata di Kabupaten Malang di satu sisi adalah potensi besar. Sisi lainnya adalah tantangan berat dalam m ewujudkan berbagai aspek sarpras pendukung pariwisata. Wisata hutan pinus Semeru ini salah satu kekayaan wisata Kabupaten Mala

JATIMTIMES, MALANG â€" Pariwisata Kabupaten Malang terus menggeliat dan menuai berbagai apresiasi, baik di dalam maupun dari luar daerah. Melalui tagline The Heart of East Java, pariwisata Kabupaten Malang terus memompakan darah segar kepada denyut perekonomian masyarakat.

Optimalisasi pariwisata menjadi prioritas kerja di periode kedua Bupati Malang Dr H Rendra Kresna. Walau tentunya masih banyak catatan mengenai geliat pariwisata yang kini dirayakan secara besar-besaran lewat berbagai event skala nasional dan internasional ini.

Catatan ini lahir dari kalangan akademisi yang tergabung dalam yayasan Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN) Institut Teknologi Nasional (ITN). Ketua P2PUTN ITN Kartiko Adi memgatakan, geliat pariwisata di Kabupaten Malang yang kini bergairah, masih menyisakan beberapa lubang yang patut untuk dibenahi secara kontinyu.

"Tentunya masih banyak yang harus dibenahi. Kita tahu geliat pariwisata di Kabupaten Malang secara fokus ditangani setelah periode kedua bapak bupati," kata Kartiko Minggu (03/12).

Beberapa catatan yang disampaikan Kartiko dalam upaya mengoptimalkan pariwisata di Kabupaten Malang adalah sarana prasarana (sarpras) akomodasi dan transportasi yang aman dan sehat bagi wisatawan.

Seperti diketahui, sarpras pariwisata memang menjadi bagian tidak terpisahkan dalam mengangkat citra sebuah daerah wisata. Dengan banyaknya tempat wisata yang tersebar di berbagai wilayah terluas kedua di Jawa Timur (Jatim), sarpras jalan, misalnya memang masih terbilang belum memadai.

"Jalan memang menjadi hal penting dalam pariwisata. Wisatawan tentunya membutuhkan akses jalan wisata yang aman, nyaman dan mudah dijangkau," uj ar Kartiko.

Persoalan jalan wisata di Kabupaten Malang, sebenarnya juga telah menjadi fokus pemerintah kabupaten Malang. Melalui Dinas PU Bina Marga, seluruh jaringan jalan pariwisata telah dipetakan dalam site plan. "Persoalannya adalah anggaran. Kita terus upayakan lewat provinsi dan nasional untuk persoalan ini," ucap Romdhoni, kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang.

Catatan lain dari P2PUTN ITN adalah tersedianya penginapan bagi wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Malang serta pembinaan warga sekitar lokasi wisata untuk berpartisipasi dalam melayani wisatawan yang berkunjung. "Mungkin, Kabupaten Malang bisa mengadopsi pengelolaan pariwisata di Kota Malang dan Batu dalam optimalisasi pariwisatanya," ujar Kartiko yang juga pakar rudal balistik ini.

Dalam kesempatan berbeda, Bupati Rendra menyampaikan bahwa berbagai masukan dalam upaya optimalisasi pariwisata sangat diperlukan. Bagi dia, pemerintah tidak bisa berjalan sendir i dalam melakukan pembangunan. "Kita tentu berterima kasih atas berbagai masukan dari masyarakat. Tapi, tentunya untuk persoalan pariwisata memang tidak bisa sekali bangun jadi," ucapnya.

Persoalan jalan, penginapan dan infrastruktur pendukung pariwisata lainnya terus diupayakan melalui berbagai kebijakan dan kekuatan anggaran daerah. Tentunya, masih banyak sisi kekurangan dengan kekuatan yang ada di pemerintah kabupaten malang. "Karena itu kita optimalkan berbagai potensi yang ada. Penanaman modal atau investasi pihak ketiga, bantuan keuangan pusat dan provinsi. Adalah upaya menuju ke sana," urai Rendra.

Selain hal tersebut, konsep pariwisata berbasis masyarakat desa yang diterapkan di Kabupaten Malang juga membuat beda polanya dengan pengelolaan di Kota Malang dan Batu. "Beda cara menanganinya. Tapi kita akan terus bersinergi dalam sektor pariwisata dengan keduanya. Karakter dan konsep pariwisata yang berbeda tapi bisa saling mengisi,&q uot; ujar Rendra. (*)

Pewarta : Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
  • BP2D Kota malang
  • Bank Jatim Blitar
  • Kodim-Blitar
  • Festival Indonesia-Rusia
  • Wisata Kabupaten Malang
← Berita Sebelumnya Ssstt.. Ini Informasi Kebutuhan Pegawai Negeri Kota Malang
  • Bupati Malang Dr H Rendra Kresna mengapresiasi kegiatan Lomba ASN Berprestasi dan menyempatkan memberi nilai tambahan kepada tiga finalis, Rabu (22/11) di Pendapa Agung Kabupaten Malang. (Foto: Nana/MalangTIMES)

    Bupati Malang Rendra Kresna Beri Nilai Bonus untuk Tiga Finalis ASN Berprestasi

  • Bupati Malang Dr H Rendra Kresna. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

    Kabupaten Malang Dongkrak Wisatawan dengan Malang Beach Festival

  • Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara (foto Hendra Saputra/MALANGTIMES)

    Menteri Pariwisata Pesan Agar Pemkab Malang Mengembangkan Destinasi Wisata yang Belum Terjamah

  • Bupati Malang, Rendra Kresna (kiri) bersama Direktur Markplus Indonesia, Hermawan Kertajaya (kanan) sedang berdiskusi strategi pemasaran di Pendapa Agung Kabupaten Malang (Foto; Imam Syafii/ MalangTIMES)

    Optimalkan Sektor Pariwisata, Bupati Datangkan Direktur Markplus Indonesia

  • Direktur PT. Markplus Indonesia, Hermawan Kertajaya memaparkan strategi pemasaran pariwisata Kabupaten Malang kepada ratusan peserta pelaku wisata. (Foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

    Hermawan Kertajaya: Strategi Pemasaran Handal Kuncinya Hanya Ada Tiga

  • Emil Dardak.(Foto : MM/BlitarTIMES)

    Emil Dardak: Jatim Bisa Lampaui Belanda

    Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak langsung tancap gas dengan memanaskan mesin pemenangannya. Mereka juga mulai memunculkan gagasan untuk masa depan Jawa Timur.

  • Ilustrasi serah terima jabatan di lingkungan Pemkot Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

    Ssstt.. Ini Informasi Kebutuhan Pegawai Negeri Kota Malang

    Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB) menargetkan pembukaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada awal 2018 mendatang. Di Kota Malang pun, saat ini membutuhkan setidaknya 2.285 pegawai lagi.

  • Bupati Malang Rendra Kresna memberangkatkan 474 peserta gathering fun rally 2017 di slStadion Kanjuruhan, Kepanjen, Minggu (03/12). (Nana)

    474 Jeep Diberangkatkan, Gathering Fun Rally Pecahkan Rekor Nasional

    Selalu ada yang baru dan menghebohkan dalam rangkaian acara Hari Jadi Ke-1257 Kabupat en Malang. Setelah dimanjakan dengan berbagai kegiatan spektakuler sejak awal November lalu, kini Gathering Fun Rally menggebrak masyarakat pecinta sport roda empat ini.

  • IB yang ditangkap polisi karena pernyataannya dimedia sosial (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

    Tuding Polisi Terima Suap Dari Begal Motor, Seorang Guru Di Lumajang Ditangkap Polisi

    IB (27), yang sehari-hari bekerja sebagai guru akhirnya harus berurusan dengan polisi setelah memberikan komantar di FB yang menuding polisi terima suap dari begal motor, sehingga polisi diam terhadap kasus begal motor yang lagi marak di Lumajang.

  • Kejadian pohon tumbang di Jalan Ahmad Yani Kota Malang akibat akar lapuk dan terjangan angin kencang, kemarin (2/12/2017). (Foto: BPBD Kota Malang for MalangTIMES)

    Longsor, Banjir, hingga Pohon Tumbang di Kota Malang Bikin Kerugian Rp 3,7 Miliar

    Memasuki minggu keempat November lalu, jumlah bencana yang terjadi di Kota Malang mencapai 151 kejadian. Meski nihil korban jiwa, kerugian material yang timbul akibat bencana mencapai Rp 3,7 miliar.

  • Wali Kota Malang H Moch Anton bersama Kapolres Malang Kota dan Aremania di Halaman Balaikota Malang. (Foto: Humas Pemkot for MalangTIMES)

    Disambut di Bhumi Arema, Kapolres Malang Kota yang Baru Sampaikan Ini

    Wali Kota Malang, H. Moch Anton, Sekda Kota Malang, Wasto, beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aremania berkumpul untuk menyambut dan berkenalan dengan pimpinan baru di Polres Malang Kota tersebut.

  • Pelatih Arema FC, Joko Susilo (Hendra Saputra/MALANGTIMES)

    Belum Lengkap Pemainnya, Joko Susilo Sudah Inginkan Strategi ini

    Joko Susilo akan mener apkan strategi pressure pada musim kompetisi 2018 mendatang. Hal tersebut bukan tidak mungkin karena kini Arema FC sudah mempunyai pelatih fisik, yakni Dusan Momcilovic.

  • Logo Arema FC (official Arema FC)

    Hanya Ahmet Atayew yang Tanda Tangan Kontrak

    Arema FC sampai saat ini hanya deal dengan Ahmet Atayew sebagai pemain asing. Walaupun banyak dikabarkan dekat dengan pemain baru, namun Singo Edan belum juga mengenalkannya kepada publik.

  • Ilustrasi (Foto: google images)

    Miris , Angka Penderita AIDS di Tulungagung Meningkat Drastis

    Jumlah penderita ODHA di Tulungagung makin mengkhawatirkan. Pasalnya tiap bulan penambahan ODHA baru makin meningkat, bahkan di bulan November ini saja ada puluhan temuan baru.

  • Inilah lima kota yang bisa menjadi jujugan wisata untuk merayakan malam tahun baru 2018 nanti. (foto : Istimewa)

    Lima Tempat Favorit untuk Merayakan Malam Tahun Baru 2018, Salah Satunya di Malang

    Sebulan lagi Anda akan merayakan malam pergantian tahun baru 2018, pastinya Anda jauh-jauh hari sudah memplanningkan tujuan ke tempat wisata untuk merayakan tahun baru 2018 lebih berkesan.

  • Bupati Blitar Rijanto memimpin prosesi pemandian gong Kyai Pradah.(Foto: BlitarTIMES)

    Ribuan Orang Rebutan Air Siraman Gong Kyai Pradah

    Upacara Siraman Gong Kyai Pradah yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan bersamaan dengan Maulid Nabi rupanya masih saja menarik animo banyak masyarakat.

  • Bupati Jember saat menyerahkan Perbup Tentang Disabilitas kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jember (foto: Moh. Ali Makrus/Jember TIMES)

    Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Bupati Beri Kado Perbup Difabel

    Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang digelar di Alun-alun Jember Sabtu (2/12/2017) berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya peringatan HDI di Jember terlihat meriah karena dilaksanakan secara Nasional dan Jember merupakan sat

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
  • Follow @jatimtimes
TopSumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Malang

Tidak ada komentar