Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Pangan di Maluku Aman - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Pangan di Maluku Aman

Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Pangan di Maluku Aman

detikFinance / Berita Ekonomi Bisnis / Detail Berita Follow detikFinance Rabu 20 Dec 2017, 15:25 WIB Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Pangan d…

Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Pangan di Maluku Aman

detikFinance / Berita Ekonomi Bisnis / Detail Berita Follow detikFinance Rabu 20 Dec 2017, 15:25 WIB Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Pangan di Maluku Aman Muhammad Idris - detikFinance Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Pangan di Maluku AmanFoto: Dok Kementan Maluku - Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba menjamin pasokan pangan aman apabila masalah distribusi teratasi. Untuk itu, pemerintah memberi bantuan 10 truk da n gudang pangan kepada 5 kabupaten di Maluku Utara.
"Target kita sampai tahun 2019 adalah 50 truk diserahkan kepada pemerintah daerah, sehingga membantu menyalurkan hasil pertanian masyarakat. Harapan kami, masyarakat mudah mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga stabil," papar Gani dalam keterangan tertulis, Rabu (20/12/2017).
Hal tersebut diungkapkannya saat menggelar Rakor Pangan di Kantor Bank Indonesia (BI) pada Selasa (19/12/2017). Rakor digelar terkait pemantauan ketersediaan dan mengendalikan harga pangan menjelang natal dan tahun baru 2018.
Menurutnya, stok kebutuhan pangan di wilayahnya relatif terjaga hingga pergantian tahun nanti. Dari sisi harganya juga relatif stabil.
"Secara umum, pasokan pangan pokok dan strategis, seperti beras, jagung, minyak goreng, telur ayam, gula pasir, bawang merah, cabai merah, daging sapi dan daging ayam dalam kondisi aman dan cukup tersedia untuk memenuhi kebutuhan pangan selama natal dan tahun baru," ; kata Gani.
Sementara itu, Kepala Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, mengatakan bahwa pasokan dan harga pangan di provinsi yang berbatasan dengan Filipina itu cukup stabil.
"Saya harap Maluku Utara bisa menjadi barometer nasional untuk pasokan dan harga pangan yang stabil. Melihat kondisi geografis yang terdiri 800 pulau, apabila Maluku Utara bisa menjaga stabilitas pasokan dan harga, maka daerah lain pun bisa, apalagi Pulau Jawa," ungkap Agung.
Menurutnya, stabilnya pasokan dan harga di Maluku Utara adalah hasil dari sinergi yang luar biasa antara Satgas Pangan, pemerintah daerah, dan stakeholder terkait. Salah satu nya adalah kebijakan mengeluarkan 50% stok barang yang masih ada di gudang untuk disalurkan kepada distributor dan pengecer, sehingga harga bisa dikendalikan.
Kepala perwakilan Bank Indonesia, Dwi Tugas Waluyanto, menyampaikan harga stabil yang terlihat dari angka inflasi sampai November yaitu 0,68% jauh di bawah rata-rata angka inflasi year to year nasional sebesar 3,30%.
Diungkapkannya, ada tiga hal yang mempengaruhi inflasi yaitu produksi, distribusi dan ekspektasi atau psikologis masyarakat. Mengingat bahwa wilayah Maluku adalah kepulauan, maka swasembada menjadi harga mati untuk menjamin stabilitas pasokan dan harga pangan.
Pada Rakor Pangan Maluku Utara, Pemprov Maluku Utara juga menyerahkan 10 mobil angkutan pangan dan gudang pangan kepada Bupati kabupaten Halmahera Utara, Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, dan Halmahera Selatan.
Mobil angkutan pangan dimaksudkan untuk meminimalisir biaya angkut melalui subsidi biaya angkut bahan bakar dan sopir, sementara gudang pangan ditujukan sebagai penampung (hub/transit) komoditas pangan sebelum dipasarkan.
Sebagai upaya nyata untuk pengamanan stabilitas pasokan dan harga pangan, pada hari ini dilakukan pemantauan langsung ke pasar Hiegenis oleh Tim Satgas Pangan Provinsi Maluku Utara dan BKP-Kementan. S elain itu, Bazaar pangan murah akan digelar di Lapangan Parkir Gedung Dhuafa Center.
Komoditas yang disediakan dalam Bazaar pangan murah tersebut antara lain beras premium, beras TTI, beras Bulog, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, dan bawang putih. (idr/hns) Berita Terkait
  • Pantauan Kementan: Stok Aman Tapi Harga Pangan Naik
  • Jelang Akhir Tahun, Tingkat Hunian Hotel di Bali Penuh
  • Mau Pasang CCTV Tapi Budget Terbatas? Bisa Kok
  • Pasang CCTV Mulai dari Rp 2 Juta Hingga Rp 11 Juta, Apa Bedanya?
  • Mau Pasang CCTV di Rumah, Bisa Cari di Mana?
  • Ingin Rumah Aman Pakai CCTV, Berapa Biayanya?
  • Tips Amankan Rumah Kosong Saat Liburan Natal dan Tahun Baru
  • Ini Perbandingan Harga Beras RI dengan Negara ASEAN Lain
Baca Juga detikNews Perketat Selat Bali, Pasukan Gabungan Gelar Operasi Perairan

Perketat Selat Bali, Pasukan Gabungan Gelar Operasi Perairan

detikNews Polisi Terapkan Razia Saat Jalur Puncak Ditutup Jelang Tahun Baru

Polisi Terapkan Razia Saat Jalur Puncak Ditutup Jelang Tahun Baru

detikNews Khotbah Natal di GPIB Immanuel akan Disampaikan dalam 3 Bahasa

Khotbah Natal di GPIB Immanuel akan Disampaikan dalam 3 Bahasa

detikNews Kakorlantas Prediksi Arus Balik Terbagi Dua Gelombang

Kakorlantas Prediksi Arus Balik Terbagi Dua Gelombang

detikNews Jokowi: Selamat Rayakan Natal untuk Umat Kristiani Seluruh Indonesia

Jokowi: Selamat Rayakan Natal untuk Umat Kristiani Seluruh Indonesia

detikNews Ucapkan Selamat Natal, Menag Lukman    Sampaikan Salam Damai

Ucapkan Selamat Natal, Menag Lukman Sampaikan Salam Damai

detikNews Momen Anies-Sandi hingga Kapolri-Panglima Pantau Malam Natal

Momen Anies-Sandi hingga Kapolri-Panglima Pantau Malam Natal

detikNews Foto: Anjing Pelacak Dikerahkan Sisir Gereja Katedral

Foto: Anjing Pelacak Dikerahkan Sisir Gereja Katedral

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]de tikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com News Feed
  • Pantauan Kementan: Stok Aman Tapi Harga Pangan Naik

    Pantauan Kementan: Stok Aman Tapi Harga Pangan Naik

    Senin, 25 Des 2017 12:32 WIB Spudnik menyimpulkan bahwa ini sangat ironis karena ketersediaan dan produksi di lapangan cukup tapi malah terjadi kenaikan harga di tingkat konsumen.
  • Kemenhub Operasikan 3 kapal Patroli di Kepulauan Seribu

    Kemenhub Operasikan 3 kapal Patroli di Kepulauan Seribu

    Senin, 25 Des 2017 12:14 WIB Kementerian Perhu bungan mengoperasikan 3 kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di wilayah perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.
  • Come Back Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan

    Come Back Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan

    Senin, 25 Des 2017 11:40 WIB Jokowi memilih Sri Mulyani Indrawati yang pada saat itu menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia untuk menjadi Menteri Keuanga. Bagaimana kiprahnya?
  • Tips Supaya Tagihan Kartu Kredit Enggak Bengkak di Akhir Tahun

    Tips Supaya Tagihan Kartu Kredit Enggak Bengkak di Akhir Tahun

    Senin, 25 Des 2017 10:50 WIB Kurang dari 5 hari lagi tahun baru tiba, banyak promo belanja yang ditawarkan lewat pembayaran kartu kredit. Gimana ya agar tagihan enggak bengkak?
  • Menyambung Indonesia, Jokowi Bangun Tol Laut

    Menyambung Indonesia, Jokowi Bangun Tol Laut

    Senin, 25 Des 2017 09:58 WIB Konektivitas menjadi poin penting dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang diwujudkan lewat Tol Laut.
  • Mengintip Realisasi Pembangunan Infrastruktur Kereta Api di 2017

    Mengintip Realisasi Pembangunan Infrastruktur Kereta Api di 2017

    Senin, 25 Des 2017 09:01 WIB Dalam target pembangunan proyek jalur kereta api 2015-2019, ditarget rel kereta yang bisa dibangun sepanjang 3.258 kilometer (KM), Bagaimana realisasinya?
  • Kemenhub Gencar Bangun Rel Kereta Hingga Bandara, Ini Hasilnya

    Kemenhub Gencar Bangun Rel Kereta Hingga Bandara, Ini Hasilnya

    Senin, 25 Des 2017 08:35 WIB Upaya pemerintah yang gencar melakukan pembangunan infrastruktur termasuk infrastruktur perhubungan mulai terlihat hasilnya. Baca selengkapnya di sini.
  • Menteri PUPR Tinjau Rumah Nelayan di Bengkulu

    Menteri PUPR Tinjau Rumah Nelayan di Bengkulu

    Minggu, 24 Des 2017 16:59 WIB Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau beberapa proyek infrastruktur PUPR di Bengkulu.
  • Ada Banyak Promo Spesial di Transmart Carrefour Graha Bintaro

    Ada Banyak Promo Spesial di Transmart Carrefour Graha Bintaro

    Minggu, 24 Des 2017 16:38 WIB Dalam rangka pembukaan Transmart Carrefour Graha Bintaro, ada banyak penawaran spesial mulai dari tanggal 22-28 Desember 2017.
  • Menteri PUPR Serahkan 57.000 Sertifikat Tanah di Bengkulu

    Menteri PUPR Serahkan 57.000 Sertifikat Tanah di Bengkulu

    Minggu, 24 Des 2017 16:35 WIB Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membagikan sebanyak 57.346 sertifikat di Bengkulu yang digelar di Lapangan Sport Center Bengkulu, Sabtu (23/12/2017).
  • 234.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Hingga H-2 Natal

    234.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Hingga H-2 Natal

    Minggu, 24 Des 2017 16:23 WIB Volume lalu lintas (lalin) arus mudik via Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama sejak Kamis (21/12) hingga H-2 Natal (Sabtu, 23/12) telah mencapai 234.000 kendaraan. < /li>
  • Ragam Diskon dan Promo Libur Panjang di Transmart Carrefour

    Ragam Diskon dan Promo Libur Panjang di Transmart Carrefour

    Minggu, 24 Des 2017 16:14 WIB Ada promo spesial khusus bagi yang ingin berbelanja kebutuhan rumah. Mulai dari produk segar, groseri, sampai dengan elektronik.
BERITA TERBARU +
  • Pantauan Kementan: Stok Aman Tapi Harga Pangan Naik

    Pantauan Kementan: Stok Aman Tapi Harga Pangan Naik Senin, 25 Des 2017 12:32 WIB

  • < img src="https://awsimages.detik.net.id//community/media/visual/2017/06/23/ff32e4b2-0704-4a5e-9d75-28d89f87d71b_11.jpeg?w=300&q=90" alt="Kemenhub Operasikan 3 kapal Patroli di Kepulauan Seribu" title="Kemenhub Operasikan 3 kapal Patroli di Kepulauan Seribu"/>

    Kemenhub Operasikan 3 kapal Patroli di Kepulauan Seribu Senin, 25 Des 2017 12:14 WIB

  • Come Back Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan

    Come Back Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Senin, 25 Des 2017 11:40 WIB

  • Tips Supaya Tagihan Kartu Kredit Enggak Bengkak di Akhir Tahun

    Tips Supaya Tagihan Kartu Kredit Enggak Bengkak di Akhir Tahun Senin, 25 Des 2017 10:50 WIB

Most
Popular
  • 01

    11 Landasan Pesawat Ini Dibangun di Atas Pulau, Mau Coba?

  • 02

    Penampakan Rumah Nelayan yang Dibangun Jokowi di Bengkulu

  • 03

    Come Back Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan

  • 04

    Keren, Pria Ini Buat Jembatan dari Akar Hidup

  • 05

    Tips Supaya Tagihan Kartu Kredit Enggak Bengkak di Akhir Tahun

  • 06

    Mengintip Realisasi Pembangunan Infrastruktur Kereta Api di 2017

  • 07

    Kemenhub Gencar Bangun Rel Kereta Hingga Bandara, Ini Hasilnya

  • 08

    Menyambung Indonesia, Jokowi Bangun Tol Laut

  • 09

    Penampakan Kereta Tenaga Matahari Pertama di Dunia

  • 10

    Yuk, Rasakan Sensasi Tinggal di Rumah Hobbit

Selengkapnya Most
Popular
  • 01

    11 Landasan Pesawat Ini Dibangun di Atas Pulau, Mau Coba?

  • 02

    Penampakan Rumah Nelayan yang Dibangun Jokowi di Bengkulu

  • 03

    Come Back Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan

  • 04

    Keren, Pria Ini Buat Jembatan dari Akar Hidup

  • 05

    Tips Supaya Tagihan Kartu Kredit Enggak Bengkak di Akhir Tahun

  • 06

    Mengintip Realisasi Pembangunan Infrastruktur Kereta Api di 2017

  • 07

    Kemenhub Gencar Bangun Rel Kereta Hingga Bandara, Ini Hasilnya

  • 08

    Menyambung Indonesia, Jokowi Bangun Tol Laut

  • 09

    Penampakan Kereta Tenaga Matahari Pertama di Dunia

  • 10

    Yuk, Rasakan Sensasi Tinggal di Rumah Hobbit

SelengkapnyaSumber: Google News | Warta 24 Halmahera Utara

Tidak ada komentar