Ali Ibrahim Berharap Pemerintah Desa dapat melakukan terobosan ... - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Ali Ibrahim Berharap Pemerintah Desa dapat melakukan terobosan ...

Ali Ibrahim Berharap Pemerintah Desa dapat melakukan terobosan ...

Walikota Ali Ibrahim (tengah,bertopi) saat meninjau perkebunan jeruk di Desa Ampera (Foto/Istimewa) Abadikini.com, TIDORE- Walikota berharap Pemerintah Desa dapat…

Ali Ibrahim Berharap Pemerintah Desa dapat melakukan terobosan ...

Walikota Ali Ibrahim (tengah,bertopi) saat meninjau perkebunan jeruk di Desa Ampera (Foto/Istimewa)

Abadikini.com, TIDORE- Walikota berharap Pemerintah Desa dapat melakukan terobosan baru untuk mengolah potensi yang ada di masing-masing desa. Hal ini disampaikan Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH saat melakukan tatap muka bersama sejumlah Kepala Desa, pengurus BUMDes, Pemuda serta masyarakat di beberapa Desa di Kecamatan Oba Utara, Oba Tengah dan Oba pada Minggu (7/1). Dalam tatap muka ini, Walikota didampingi oleh Kepala BPMD, Hamid Abdullah dan Direktur Rumah Pemberdayaan Masyarakat, Ahmad Bayu.

Dikatakan, Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi mas yarakat, serta memberantas kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan baru, diharapkan adanya terobosan melalui Inovasi Desa yang membuat masyarakat semakin mandiri dalam mengelola potensi yang dimiliki, seperti halnya prestasi yang telah dicapai oleh Desa Tauno Kecamatan Oba.

Walikota pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa jika dilakukan berbagai inovasi dengan pengelolaan potensi di sektor pertanian maupun sektor kelautan di Desa dengan benar dan dengan prosedur yang baik, akan berdampak langsung pada pola kehidupan masyarakat, terutama dalam upaya peningkatan pendapatan dan ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Kita harus melakukan terobosan baru untuk mengolah potensi di desa, masyarakat harus mendorong program unggulunnya agar dalam pendampingan dapat menciptakan solusi untuk kemajuan dalam peningkatan pendapatan masyarakat itu sendiri,”ujarnya.

Walikota berharap dengan pertemuan ini akan merubah mindset masyarakat, agar menciptakan berbagai inovasi untuk kemajuan desa. Diberbagai kesempatan saat melakukan tatap muka bersama masyarakat di beberapa desa, yakni di Desa Balbar, Desa Ampera, Desa Akedotilou dan Desa Koli, Walikota selalu menyampaikan pencapaian Desa Tauno sebagai contoh Desa yang mulai berkembang dengan dilakukannya berbagai terobosan baru dalam mengolah berbagai potensi yang ada.

BACA JUGA Sekjen PBB: Kejar Kekuasaan Dengan Niat Mencari Ridho Allah, Pasti Tercapai

Sementara Direktur Rumah Pemberdayaan Masyarakat, Ahmad Bayu mengatakan bahwa setiap desa pasti memiliki potensi untuk dikelola dengan baik. dirinya bersedia membantu setiap desa dalam hal berbagi informasi, pemikiran, serta sistem manajemen yang menyangkut dengan terobosan untuk mengolah potensi yang dimiliki, yang sudah tergali, maupun potensi yang belum tergali untuk dikembangkan bersama-sama.

“Tujuannya adalah memberdayakan potensi yang dimiliki oleh masyarakat, mengangkat potensi desa kita, dari yang tidak punya potensi menjadi ada, dari yang punya potensi menjadi nilai jual, dan yang punya nilai jual menjadi bertambah, itulah yang dinamakan pemberdayaan,” tuturnya.

Ahmad Bayu pada kesempatan tersebut mengajak masyarakat desa untuk dapat bersinergi, agar potensi yang dimiliki dari yang belum tergali maupun sudah tergali untuk dikembangkan barsama-sama.

Dirinya percaya bahwa jika masyarakat benar-benar mempunyai niat untuk merubah ini maka apa yang diharapkan dapat tercapai, dimana dirinya hingga saat ini mendampingi masyarakat Desa Tauno sampai menjadi Desa yang mandiri dalam mengelola potensi yang dimiliki.

Selain melaksanakan tatap muka bersama warga, Walikota juga meninjau langsung perkebunan milik warga. Di Desa Ampera misalnya, walaupun cuaca kurang bersahabat karena hujan, Walikota tetap meninjau langsung perkebunan jeruk manis dan perkebunan tomat milik warga setempat. (ak/beng)

Sumber: Google News | Warta 24 Tidore Kepulauan

Tidak ada komentar