MTQ ke-VII Tingkat Kota Tidore Kepulauan Resmi Dibuka Walikota ... - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

MTQ ke-VII Tingkat Kota Tidore Kepulauan Resmi Dibuka Walikota ...

MTQ ke-VII Tingkat Kota Tidore Kepulauan Resmi Dibuka Walikota ...

Ali Ibrahim Abadikini.com, TIDORE â€" Setelah diawali Pawai Ta’aruf yang berlangsung meriah pada Rabu (14/2/2018) sore lalu, Kegiatan Musabaqah Tilawatil Q…

MTQ ke-VII Tingkat Kota Tidore Kepulauan Resmi Dibuka Walikota ...

Ali Ibrahim

Abadikini.com, TIDORE â€" Setelah diawali Pawai Ta’aruf yang berlangsung meriah pada Rabu (14/2/2018) sore lalu, Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VII Tingkat Kota Tidore Kepulauan dibuka secara resmi oleh Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim.

Pembukaan MTQ ke-VII Tingkat Kota Tidore Kepulauan yang digelar di Masjid Agung Nurul Yaqin, Kelurahan Gurabati Kecamatan Tidore Selatan, Jum’at (16/2) malam dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para pimpinan SKPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Kepala kantor Kementerian Agama bersama instansi vertikal lainnya , pimpinan BUMN/BUMD, para Kafilah, tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

Dalam sambutan Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim mengatakan MTQ Terselenggaranya MTQ ini sebagai salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumberdaya manusia yang telah menjadi agenda tetap program pemerintah. “Saya yakin di masa kepemimpinan saya bersama Wakil Walikota Muhammad Senin yang didukung kerjasama seluruh elemen masyarakat yang selalu solid dan bersatu, akan mampu menghantarkan Kota Tidore Kepulauan menjadi lebih maju dalam segala aspek pembangunan, termasuk diantaranya dalam hal pembinaan seni baca Al-Qur’an,” kata Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim menambahkan Manfaat pelaksanaan MTQ dapat dipahami dari sisi kegiatan syiar keagamaan, yang mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya. Pemahaman dan kesadaran inilah, “yang perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat, sehin gga kegiatan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani, ujarnya”.

Sementara itu, panitia pelaksana MTQ ke VII Tingkat Kota Tidore Kepulauan, H.Muhammad Yassin kegiatan MTQ kali ini merupakan yang perdana setelah tahun lalu Kota Tidore Kepulauan dikukuhkan sebagai Kota Santri. Oleh karena itu diharapkan pembinaan-pembinaan generasi muda semakin menamur di setiap keluarga-keluarga sehingga semangat Kota Santri bisa juga dilihat melalui capaian prestasi para Qari-qari’ah, Murattil-murattilah, Hafidz-hafidzah, baik tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional maupun Internasional.

BACA JUGA : Walikota Tidore Resmi Serahkan Dua Bidang Tanah dan Satu Buah Bangunan Hibah ke Kodim 1505/Tidore

Muhammad Yasin menambahkan bahwa MTQ ini juga dalam rangka mempersiapkan para peserta terbaik dari masing-masing Cabang Lomba untuk berkompetisi pada MTQ tingkat Provinsi Maluku Utara pada tahun 2018 di Kabupaten Halmahera Selatan.

MTQ ke-VII ini diikuti sebanyak 185 peserta dan 71 official/pelatih yang berasal dari 8 Kecamatan se Kota Tidore Kepulauan. Sedangkan Dewan Juri atau Dewan Hakim yang dilibatkan sebanyak 16 orang dan dibantu 6 orang panitera untuk 5 mata lomba, masing-masing Cabang Tilawah Qur’an, Cabang Hifdzil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an dan Cabang Khattil Qur’an.

Kegiatan MTQ ke VII akan berlangsung selama lima hari, mulai hari Jum’at sampai penutupan pada Selasa (20/2) malam. Dalam upacara pembukaan, juara Umum MTQ ke VI tahun 2016, Kecamatan Tidore Utara menyerahkan Piala Bergilir kepada Ketua Panitia, yang diterima H.Muhammad Yasin untuk kembali diperebutkan dalam MTQ ke VII ini.

Upacara pembukaan MTQ ini dimeriahkan oleh atraksi Marching Band dari SMP Negeri 3 Tidore Kepulauan yang mem andu devile Kafilah dari 8 Kecamatan. Pembukaan MTQ dilakukan secara simbolis dengan pemukulan beduk oleh Walikota H. Ali Ibrahim bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tidore Kepulauan. (ak.g.humas).

Sumber: Google News | Warta 24 Tidore Kepulauan

Tidak ada komentar