WARTA 24 MALUKU UTARA

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Maret-April Nanti, Yuk Berkunjung ke Festival Tidore

Posted by On 16.20

Maret-April Nanti, Yuk Berkunjung ke Festival Tidore

Festival Tidore (foto: Kemenpar)

INFONAWACITA.COM â€" Berkunjunglah ke Tidore pada pertengahan Maret hingga April 2018, karena nanti akan digelar Festival Tidore yang menyuguhkan berbagai kegiatan bahari dan pertunjukan dari Kesultanan Tidore.

“Ada tiga kegiatan utama nanti, pertama Parade Juanga yang menampilkan pelayaran kapal tradisional yang berwarna-warni dalam formasi perang. Armada itu akan dipimpin Sultan Tidore dan ditemani keluarga kerajaan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Tidore, Yakub Husain seperti yang diinformasikan dalam Kementerian Pariwisata, Rabu (24/1/2018).

Rangkaian acara kedua juga tak kalah patennya. Wisatawan bakal diajak menyaksikan Penjelajahan Paji. Ini merupakan penelusuran kemb ali perjalanan sultan Tidore pada saat terjadi pemberontakan Sultan Nuku. Rangkaian ini juga bakal dibalut berbagai kegiatan budaya yang memesona.

“Prosesi kerajaan ini diiringi banyak prosesi lainnya yang sudah menjadi tradisi Tidore. Selain itu, ada juga pameran, pertunjukkan seni, karnaval budaya, seminar budaya, dan lainnya. Bakal banyak kemeriahan di sini,” jelas Yakub.

Selain itu, wisatawan juga diajak mengenal berbagai prosesi adat tanah Tidore. Ada prosesi Kota Tupa, prosesi Tag Jie, prosesi Rora Dange Ake Dango, dan pawai Ny Puja Nyilu, yang pasti semua prosesi ini sangat kental dengan nilai budaya dan tradisi daerah Kepulauan ini.

Festival Tidore memang selalu menarik. Tak salah jika festival ini selalu menarik minat wisatawan. Tidak hanya dari nusantara, wisatawan mancanegara juga familiar dengan festival ini.

“Yang paling menarik perhatian itu perahu-perahu tradisional yang unik. Tari-tarian menawan khas Maluku Utara. Seperti tarian tradisional Cakalele dan Soya-soya juga kerap memukau pengunjung acara spesial ini,” ujarnya.

Pelestarian destinasi wisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut memuji budaya dan alam Tidore Kepulauan. Ada rumus yang konsisten disampaikan Arief, bahwa semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan.

“Kita beruntung memiliki kesultanan Tidore. Tentu, karena ada kerajaan itu, sudah pasti memiliki budaya adilihung yang tinggi. Itu yang harus kita lestarikan,” ujar Arif.

Menurut Arief, Tidore sudah memiliki kombinasi yang sempurna antara culture, nature, dan man made. Tinggal memoles atraksi, amenitas dan aksesnya.

“Jangan lupa, sekarang zaman digital. Semua komponen masyarakat Tidore harus ikutan berpromosi melalui digital. Begitu juga para pelaku usaha pariwisatanya,” tandasnya. (*/RA/yi)

Sumber: G oogle News | Warta 24 Tidore Kepulauan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »