Cuaca Ekstrem Landa Sangihe, Tinggi Ombak Capai Empat Meter - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Cuaca Ekstrem Landa Sangihe, Tinggi Ombak Capai Empat Meter

Cuaca Ekstrem Landa Sangihe, Tinggi Ombak Capai Empat Meter

15 Des 2017 14:41 Cuaca Ekstrem Landa Sangihe, Tinggi Ombak Capai Empat Meter CUACA EKSTREM: Ombak setinggi 4 meter mengakibatkan jalan disepanjang Boule…

Cuaca Ekstrem Landa Sangihe, Tinggi Ombak Capai Empat Meter

15 Des 2017 14:41 Cuaca Ekstrem Landa Sangihe, Tinggi Ombak Capai Empat Meter MyPassionCUACA EKSTREM: Ombak setinggi 4 meter mengakibatkan jalan disepanjang Boulevard Tidore Tergenang Air Laut, hingga tidak ada satupun kendaraan yang melintas jalan ini, Kamis (14/12) kemarin. Foto: Sriwani Adolong/MP

SANGIHEâ€"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauna Sangihe mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan cuaca ekstrem yang sedang terjadi saat ini.

Kepala BPBD Ir Reintje Tamboto saat dikonfirmasi harian ini Kamis (14/12) kemarin mengatakan, BPBD telah mengeluarkan surat imbauan kepada camat se- Kepulauan Sangihe untuk diteruskan kepada masyarakat Sangihe.

"Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimato logi dan Geofisika (BMKG) stasion Meteorologi Naha Kepulauan Sangihe, di Bulan Desember ini, akan berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat petir dengan kecepatan angin 10-30 km/jam dan gelombang laut setinggi 2,5- 4,0 meter," bebernya.

Apabila terjadi curah hujan sedang hingga lebat dan berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor segeralah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Dan untuk masyarakat di Kecamatan Tahuna dan Tahuna Timur untuk memfungsikan rambu informasi rawan bencana dan tempat pengungsian yang aman, dimana sudah dipasang di jalan," ungkap Tamboto.

Selain itu, masyarakat yang tinggal dipesisir pantai untuk waspada cuaca dan tinggi gelombang. "Khususnya bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan maupun pengguna transportasi laut antar pulau jika gelombang tinggi harus menunda kegiatan di laut," imbaunya.

Disentil mengenai bencana banjir atau tanah longsor Kepualauan Sangihe saat cuaca ekstrem, Tamboto mengungkapkan bersyukur sampai saat ini belum terjadi banjir dan tanah longsor. Sembari menambahkan lima korban yang hilang di laut sejak Jumat pekan lalu belum ditemukan.

Terpisah, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dalam setiap kesempatan selalu menghimbau kepada warga untuk tetap waspada. “Apalagi yang berada di daerah rawan banjir dan tanah longsor. Antisipasi sejak dini agar tidak ada korban selanjutnya,” kuncinya.(tr-08/ria)

Berita Terkait
  • MyPassion

    15 Des 2017 14:41 Peredaran Miras di Talaud Semakin Meresahkan

  • MyPassion

    15 Des 2017 09:37 Matangkan Pemilih Pemula, KPU Genjot Sosialisasi

  • MyPassion

    14 Des 2017 14:52 KPU Sitaro Siap Hadapi Pilkada 2018

  • MyPassion

    14 Des 2017 14:51 Awas!Makanan Ringan Kadaluarsa Masih Beredar

Sumber: Google News | Warta 24 Tidore Kepulauan

Tidak ada komentar