Oksam Kini Bisa Manfaatkan Limbah Kayu - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Oksam Kini Bisa Manfaatkan Limbah Kayu

Oksam Kini Bisa Manfaatkan Limbah Kayu

Oksam Kini Bisa Manfaatkan Limbah Kayu Pengrajin kayu di Ternate Tanjung biasanya membuang limbah kayu. Kini mereka bisa memanfaatkanya sebagai bahan briket.Rabu, 13 Desember 2017 22:44citi…

Oksam Kini Bisa Manfaatkan Limbah Kayu

Oksam Kini Bisa Manfaatkan Limbah Kayu

Pengrajin kayu di Ternate Tanjung biasanya membuang limbah kayu. Kini mereka bisa memanfaatkanya sebagai bahan briket.

Oksam Kini Bisa Manfaatkan Limbah Kayucitizen reporter/herry langiPelatihann pembuatan briket di Kelurahan Ternate Tanjung, Manado.

Oleh
Herry Langi
Dosen Manado'>Politeknik Manado

Oksam Baramis, pengrajin kayu di Kelurahan Ternate Tanjung, Kecamatan Singkil, Manado, biasanya membuang sisa kayu hasil olahannya.

Paling banter limbah tesebut menjadi cedok atau pekakas dapur lainnya. Kini, ia bisa memanfaatkan sisa-sisa kayu tersebut menjadi briket.

Tentu saja, selain bisa dipakai sebagai bahan bakar untuk m emasak di rumahnya, briket tersebut bisa dijual untuk menambah pendapatannya tersebut.

Ya, Oksam merupakan satu di antara peserta yang mengikuti pelatihan pembuatan briket dari limbah kayu pada Juni hingga Agustus 2017.

Kegiatan ini digelar Tim Iptek bagi Masyarakat (IBM) Manado'>Politeknik Manado.

Ketua Tim Pelaksana Marson James Budiman SST MT mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para pengarajin kayu.

Selain itu juga masyarakat lainnya di daerah itu tentang pemanfaatan limbah kayu yang terbuang menjadi briket sebagai energi terbarukan.

“Kegiatan tersebut merupakan satu di antara bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian masyarakat yang wajib dilakukan oleh dosen," kata Marson.

Anggota Tim Pelaksana Muchdar Patabo MT menambahkan, pelatihan tersebut berlangsung dengan baik. Pengrajin kayu dan peserta lainnya pada kegiatan ini antusias mengikuti pelatihan ter sebut.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Edi Sukasah Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Gadis 12 Tahun Melahirkan Diam-diam lalu Simpan Bayi di Almari, Identitas Ayah Bayi Bikin Syok Sumber: Google News | Warta 24 Ternate

Tidak ada komentar