300 Mahasiswa Ikut Pelatihan Pariwisata Goes To Campus di ... - Warta 24 Maluku Utara
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

300 Mahasiswa Ikut Pelatihan Pariwisata Goes To Campus di ...

300 Mahasiswa Ikut Pelatihan Pariwisata Goes To Campus di ...

SPORTOURISM - Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Salah satu cara yang dilakukan yaitu pelatihan kepariwis…

300 Mahasiswa Ikut Pelatihan Pariwisata Goes To Campus di ...

SPORTOURISM - Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Salah satu cara yang dilakukan yaitu pelatihan kepariwisataan di perguruan tinggi.
Senin (Senin (19/2/2018), Kemenpar melakukan Pelatihan Goes To Campus di Halmahera Utara. Kegiatan itu disambut antusias. Ada 300 mahasiswa memadati Gedung Tobelo Marahai di Halmahera Utara, Maluku Utara.
"Ini momen yang tepat bagi mahasiwa untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata. Mahasiswa merupakan kader dan agen perubahan dalam pengembangan pariwisata," kata Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Hubungan antar Lembaga Kemenpar Wisnubawa Tarunajaya.
Pelatihan Goes To Campus dilaksanakan agar mahasiswa dapat melahirkan gagasan baru. Khususnya untuk membangun pariwisata Indonesia. Mahasiswa sebagai multi disiplin, multi dimensi dan mu lti ilmu harus memiliki nilai tambah.
Selain itu, pelatihan itu juga diharapkan meningkatkan pengetahuan dan kualitas SDM Kepariwisataan bagi masyarakat. Utamanya, masyarakat yang dekat dengan destinasi pariwisata. Membangun pariwisata harus melibatkan pentahelix Akademisi, Business, Goverment, Community, Media, yang disingkat ABGCM.
"Mahasiswa harus berpikir rasional untuk memahami konsep pembangunan pariwisata. Ada tiga syarat untuk maju di era sekarang. Pertama kuasai bahasa asing, kedua kuasai IT digital dan ketiga kuasai leadership," kata Wisnubawa menambahkan.
Dalam Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Goes to Campus, narasumber yang dihadirkan kompenten dan ahli dibidangnya. Ada Anggota Komisi X DPR RI Bidang Pariwisata Irine Yusiana Roba Putri serta Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Halmahera Utara Iswan Lolahi. Kemudian ada Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara Joice Betsi Mahura dan Marcus J J Latupapua dar i Politeknik Perdamaian Halmahera serta Ketua HPI Maluku Utara Ilham Hi Abdullah.
"Pelayanan prima sangat dibutuhkan setiap usaha terutama hotel. Yang lebih penting dalam usaha yaitu pelanggan atau tamu. Aksi mahasiswa dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan pariwisata memberikan kenyamanan kepada tamu dan memberikan kenangan yang baik bagi para tamu," kata Ilham.
Menurutnya, peran perguruan tinggi dalam pengembangan pariwisata sangat penting. Karena pariwisata telah menjadi leader pembangunan nasional. Artinya, semua potensi yang ada hanya harus dimanfaatkan karena pariwisata selalu memiliki prinsip semakin dilestarikan semakin mensejahterakan.
"Pariwisata mempunyai multiplier effect yang memberikan pengaruh yang kuat pada lingkungan sekitarnya dengan menjaga kearifan lokal agar memiliki nilai bagi kesejahteraan masyarakat," kata Ilham menambahkan.
Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menilai, Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus diting katkan. Baik dalam hal jumlah maupun mutu. Minimal, SDM yang ada sesuai standar Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sehingga, memiliki keunggulan komparatif jika dibandingkan dengan tenaga kerja dari negara lain.
"Kerahkan semua resources di perguruan tinggi Pariwisata Indonesia karena harus berpacu melawan tuntutan pengembangan destinasi dan industri," kata Arief.

Sumber: Google News | Warta 24 Halmahera Utara

Tidak ada komentar